Mengasah Kreativitas Siswi SMK Wikrama

Para siswi SMK Wikrama Bogor sedang melaksanakan keputrian memasak(28/9). Sumber : Tim Jurnalistik SMK Wikrama Bogor.

Tim Jurnalistik SMK Wikrama Bogor –  Keputrian merupakan segala aktivitas yang berhubungan dengan perempuan. Kegiatan ini setiap hari Jumat dilakukan di SMK Wikrama.  Bertempat di ruangan kelas masing-masing, yang dilaksanakan pada pukul 11.15 sampai dengan 12.00 WIB. 

Pada saat siswa muslim laki-laki melakukan salat Jumat, maka siswi perempuan yang beragama islam mengikuti kegiatan keputrian bersama para instrukturnya. Sementara itu, untuk peserta didik yang beragama non muslim mereka  melaksanakan ibadah sesuai dengan kepercayaannya. Di SMK Wikrama ada berbagai jenis keputrian yaitu memasak, menjahit, menyulam dan merajut.

Keputrian memasak salah satu instrukturnya adalah Ibu Amanda Putri Sukamto S.Pd. Beliau mengatakan “Tujuan keputrian ialah untuk menambah skill para siswi SMK Wikrama, supaya dapat berpenghasilan di suatu hari nanti.” (28/9)

Kegiatan tersebut diadakan sejak 3 atau 5 tahun yang lalu. Tujuan lain diadakan kegiatan ini untuk mengisi waktu luang  para siswi. Meminimalisir kegiatan yang kurang penting, sehingga  para siswi diarahkan untuk menggali keterampilannya.

Risma Nurhasanah salah satu peserta keputian memasak menuturkan bahwa setelah ia mengikuti kegiatan keputrian,  dia dapat mengetahui cara memasak, mengetahui berbagai macam hal mengenai rempah-rempah, dan mengetahui berbagai jenis masakan daerah. “Motivasi saya mengikuti keputrian memasak yaitu agar saya ahli dibidang memasak.” Ujarnya. 

Dampak positif yang SMK Wikrama rasakan dari kegiatan keputrian yakni peserta didik menjadi memiliki kreatifitas atau kemampuan tambahan disamping kemampuan akademiknya.