Menjadi Pemimpin Lewat LDKS

Pelaksanaan LDKS hari Sabtu(29/9). Sumber : OSIS MPR SMK Wikrama Bogor.

Tim Jurnalistik SMK Wikrama Bogor- Jumat 28 September sampai Sabtu 29 September 2018 SMK Wikrama telah mengadakan kegiatan LDKS. LDKS merupakan singkatan dari Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa. Kegiatan tersebut diikuti oleh 81 orang peserta didik kelas X yang akan mengikuti organisasi Osis, Dewan Ambalan, maupun Tunas Hijau.

Kegiatan berlangsung dengan lancar. Panitia acara tersebut adalah anggota OSIS berjumlah 61 orang, terdiri dari 37 peserta didik kelas XI dan 24 peserta didik kelas XII.

Para peserta LDKS ini merupakan calon pemimpin Indonesia 20 tahun mendatang. “Tujuan diadakannya LDKS ini ada 4 point yang pertama ialah memberikan pelatihan kepemimpinan dan manajemen organisasi kepada peserta didik serta pengurus organisasi selanjutnya diharapkan dapat mengelola organisasi yang berada di internal sekolah secara bertanggung jawab, jujur, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kedua ialah mengembangkan rasa persaudaraan diantara para siswa. Ketiga yaitu mengimplementasikan fungsi pendidikan nasional dan amanat UUD 1945.  Sementara yang keempat melaksanakan program kerja osis tahun pelajaran 2018/2019” Ujar Arnita Dwi sebagai Ketua Pelaksana kegiatan LDKS ini. 

Berkat adanya kegiatan LDKS ini solidaritas panitia maupun siswa yang mengikutinya meningkat. Peserta kegiatan merasakan ikatan kekeluargaan. Selain itu peserta didik jadi mengetahui dasar-dasar kepemimpinan. 

Perta didik yang mengikuti LDKS merupakan peserta didik pilihan. Sebelumnya Senin (24/9) dilakukan seleksi terhadap para calon peserta LDKS. Seleksi dilakukan dengan cara peserta diberikan tugas agar datang ke sekolah lebih awal, karena akan melakukan latihan fisik oleh panitia.

Gina, salah satu peserta LDKS menuturkan “Pesan moral yang saya dapat pada saat LDKS ialah dapat melatih mental terutama tentang kepemimpinan”.