Kegiatan CBT Humas di SMK Wikrama Bogor

Siswa-siswi yang sedang melaksanakan Competence Based Training (CBT) Humas di POS Humas. Sumber : Tim Jurnalistik SMK WIkrama Bogor.

Tim Jurnalistik SMK Wikrama Bogor – SMK Wikrama Bogor merupakan salah satu sekolah unggul di kota Bogor. Pencapaian prestasinya sudah ditorehkan di dalam negeri maupun luar. Pendidikan yang ditanamkan di sekolah dikemas dengan baik, disesuaikan dengan apa yang peserta didik butuhkan ketika terjun ke dunia kerja.

Pembelajaran yang dilakukan bukan hanya proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas, ada juga yang disebut CBT (competence based training). Kegiatan CBT ada beragam, CBT PLH, KWH, Produktif dan Humas. Kegiatan CBT Humas dibimbing oleh Nurafia Kuraini selaku guru produktif perkantoran. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik. Pelaksanaan tugasnya di pos SMK Wikrama Bogor. Peeserta didik bertugas mulai pukul 08.00 sampai 15.00 WIB.

Jumat (28/9) terdapat empat peserta didik yang bertugas melaksanakan CBT Humas yaitu Fathiya A (OTKP-XI) Dessy Lailasari (OTKP-XI) Mauladi (RPL-XI) dan Musrafa (RPL-XI). Para peserta didik yang melaksanakan CBT telah di briping sehari sebelumnya, untuk pengarahan jobdesk.  Tahun 2018 kegiatan CBT Humas khusus diikuti kelas XI, dilakukan selama dua hari. Hal ini dilakukan menyesuaikan dengan tempat berlatih dan media praktik. Kegiatan CBT Humas juga dikoordinatori oleh 3 jurusan yaitu OTKP, BDP dan HTL, tiga jurusan ini akan mengatur jurusan lain seperti TKJ, MMD, RPL, dan TBG. 

Fathiya A. salah satu yang bertugas CBT Humas menuturkan “Tugas dari CBT Humas itu menerima tamu, dan mengantarkan sampai ke tempat tujuan yang diinginkan. Pada saat menerima tamu kita harus menyapa terlebih dahulu, sambil tersenyum, menanyakan kartu identitas (KTP), setelah itu tanya tujuan dan antarkan.”Ujarnya.

Kegiatan CBT Humas sudah membudaya, rutin dilakukan dari beberapa tahun ke belakang. Tujuan diadakannya untuk melatih peserta didik SMK Wikrama Bogor dalam berkomunikasi dengan pihak eksternal serta melatih keberanian peserta didik khususnya kelas 11. Pada menentukan jadwal biasanya sehari sebelum pelaksanaan pembimbing berkoordinasi terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya tidak bentrok dengan CBT yang lain. “Sudah bisa keluarga SMK Wikrama rasakan manfaat dari kegiatan CBT Humas ini mereka dapat belajar bagaimana tersenyum terhadap orang yang lebih tua dan bagaimana caranya mengantar orang yang lebih tua.” Kata Ibu Nurafia